DASAR DASAR BLENDER

SHIFT+Add :tambah objek

0 : Camera View

1 : Front view, 7 : top view, 3:left view, 5 :perspective

4:Orbit left (memutar ke kiri) 6 : orbit right (memutar ke kanan)

8 :Orbit Up (memutar ke atas)2 : orbit down (memutar ke bawah)

(-) : zoom out, (+) : zom in

ctrl +4 :pen(menggeser pandangan pada object) kiri

ctrl +6 :pen(menggeser pandangan pada object) kanan

ctrl +8 :pen(menggeser pandangan pada object) atas

ctrl +2 :pen(menggeser pandangan pada object) bawah


OBJECT MODE

Macam macam view object mode


Merubah Ukuran Objek (Scale)

S(Scale)-Scale ojekt

S lalu X ,Y, Z-mengunci scale pada salah satu sumbu x,y,z

S+Shift X ,Y, Z-mengunci salah satu sumbu x,y,z untuk tidak di scale

S+(tahan)SHIFT-scale objek secara akurat

S+(tahan)CTRL-scale objek mengikuti satuan nilai


Menggandakan Object

Shift +D-menggandakan objek dengan mengcopy beberapa data.

Alt + D menggandakan object dengan menghubungkandata

Alt + D lalu tekan Y/X/Z menggandakan object dengan menghubungkandata sejajar sumbu Y/X/Z


Rotasi
R lalu X/Y/Z  lalu beri niali berapa derajat
Z melihat kerangka object

Menggeser Objek

G lalu X/Y/Z  - Geser object sesuai sumbu X/Y/Z


Grup

ctrl+J-Create ew group
edit mode-tekan B untuk mengeblog objeck mana yg mau dipsah-tekan P-selected-object mode-klik yg sudah terpisah lalu dlede



EDIT MODE

E-Extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode

CTRL+R=Menambah vertex/menambah garis/menambah titik/ menambah bidang. SIFT+D+SKROL MOUS KEATAS/KEBAWAH

PEWARNAAN

Material properties-surfce-use nodes

TITIK ORIGIN DAN CURSOR

CURSOR

memindahkan titik origin di object yang diedit

ubah ke edit mode object yang akan diedit-klik kanan pilih snap vertices-cursor to selected-kembali ke object mode-klik kanan object-set origin-pilih origin to 3D cursor.

memindahkan di tengah object

klik object-klik kanan-set origin-origin to center of mess(surface)-klik kanan-snap cursor to selected

memindahkan di titik pusat

tampa klik objek-klik kanan-snap-cursor to word origin

Pilih object Shift + S -muncul kotak dialog - Cursor to Center./cursor to selected/celected to cursor.

KAMERA

alt+G=Mengembalikan object yg sudak tergeser

alt+R=Mengembalikan rotasi  awal.

G+X/Y/Z =geser kamera

R+Y/X/Z=rotasi kamera

RENDER ANIMASI

Setting output propertis-atur resolusi  statndar 720-atur lokasi penyimpanan-file forman AVI Raw.

masuk ke menu render-render animation, lama tidaknya render tergantung panjang tidaknya farm


RENAME OBJECT

double klik

Comments