DASAR DASAR BLENDER
SHIFT+Add :tambah objek
0 : Camera View
1 : Front view, 7 : top view, 3:left view, 5 :perspective
4:Orbit left (memutar ke kiri) 6 : orbit right (memutar ke kanan)
8 :Orbit Up (memutar ke atas)2 : orbit down (memutar ke bawah)
(-) : zoom out, (+) : zom in
ctrl +4 :pen(menggeser pandangan pada object) kiri
ctrl +6 :pen(menggeser pandangan pada object) kanan
ctrl +8 :pen(menggeser pandangan pada object) atas
ctrl +2 :pen(menggeser pandangan pada object) bawah
OBJECT MODE
Macam macam view object mode
Merubah Ukuran Objek (Scale)
S(Scale)-Scale ojekt
S lalu X ,Y, Z-mengunci scale pada salah satu sumbu x,y,z
S+Shift X ,Y, Z-mengunci salah satu sumbu x,y,z untuk tidak di scale
S+(tahan)SHIFT-scale objek secara akurat
S+(tahan)CTRL-scale objek mengikuti satuan nilai
Menggandakan Object
Shift +D-menggandakan objek dengan mengcopy beberapa data.
Alt + D menggandakan object dengan menghubungkandata
Alt + D lalu tekan Y/X/Z menggandakan object dengan menghubungkandata sejajar sumbu Y/X/Z
EDIT MODE
E-Extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode
CTRL+R=Menambah vertex/menambah garis/menambah titik/ menambah bidang. SIFT+D+SKROL MOUS KEATAS/KEBAWAH
PEWARNAAN
Material properties-surfce-use nodes
TITIK ORIGIN DAN CURSOR
CURSOR
memindahkan titik origin di object yang diedit
ubah ke edit mode object yang akan diedit-klik kanan pilih snap vertices-cursor to selected-kembali ke object mode-klik kanan object-set origin-pilih origin to 3D cursor.
memindahkan di tengah object
klik object-klik kanan-set origin-origin to center of mess(surface)-klik kanan-snap cursor to selected
memindahkan di titik pusat
tampa klik objek-klik kanan-snap-cursor to word origin
Pilih object Shift + S -muncul kotak dialog - Cursor to Center./cursor to selected/celected to cursor.
KAMERA
alt+G=Mengembalikan object yg sudak tergeser
alt+R=Mengembalikan rotasi awal.
G+X/Y/Z =geser kamera
R+Y/X/Z=rotasi kamera
RENDER ANIMASI
Setting output propertis-atur resolusi statndar 720-atur lokasi penyimpanan-file forman AVI Raw.
masuk ke menu render-render animation, lama tidaknya render tergantung panjang tidaknya farm
RENAME OBJECT
double klik
Comments
Post a Comment